Mengenal Konstruksi Rangka Baja WF

Baja WF atau yang dikenal dengan Wide Flange merupakan baja yang memiliki kekuatan tarik dan daya tekan yang tinggi. Biasanya baja ini digunakan dalam industri konstruksi dan struktural. Bahan baja ini merupakan elemen yang sempurna bagi material konstruksi karena mampu menahan tarikan serta tekanan aksial. Profil baja WF ini memiliki bentuk melintang yang mirip huruf “H” atau “I” dengan lebar sayap (flange) yang lebih besar daripada profil balok baja biasa.

Profil baja WF biasanya digunakan dalam berbagai macam proyek konstruksi termasuk gedung – gedung bertingkat, jembatan, pergudangan, dan struktur lainnya. Keunggulan dari profil baja WF ini mampu menahan beban berat, serta kemudahan dalam pemasangan dan penyambungan dengan elemen – elemen struktural lainnya. Bangunan yang menggunakan rangka baja ini umumnya kuat dan kokoh karena strukturnya sendiri mampu menahan beban bangunan dari gaya vertikal dan horizontal yang disebabkan oleh gravitasi bumi. Rangka ini juga sangat cocok untuk mendirikan bangunan yang dibangun pada konstruksi tanah yang cukup labil, karena fleksibilitas rangka ini sangat tinggi sehingga bangunan yang dibuat dari rangka ini menjadi lebih kuat dan tidak mudah runtuh.

Penggunaan konstruksi rangka baja WF dapat memberikan keuntungan ekonomis dan efisiensi, terutama dalam proyek – proyek bangunan yang membutuhkan struktur yang kuat dan tahan lama. Konstruksi ranga baja WF ini juga diterapkan di kawasan industri dan pergudangan Kutawaringin Industrial Park. Rangka baja yang digunakan yaitu WF 250. Pengertian rangka baja WF 250 sendiri berarti tinggi profilnya adalah 250 mm. Semakin besar ukuran WF, maka semakin besar pula kemampuannya untuk menahan beban yang diberikan.

Konstruksi rangka baja WF telah menjadi pilihan utama dalam industri konstruksi karena kekuatan, keandalan dan kegunaannya yang luas dalam berbagai jenis proyek konstruksi besar.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top