Pentingnya Pemilihan Atap pada Desain Konstruksi Kawasan Pergudangan

Kawasan industri maupun pergudangan adalah bagian penting dari rantai pasokan dan operasi bisnis. Banyak aspek krusial dalam membangun ataupun membeli gudang, salah satu aspek krusial yang harus dipertimbangkan adalah pemilihan atap yang tepat. Atap gudang memainkan peran penting dalam menjaga barang – barang yang disimpan di dalamnya dan mempengaruhi efisiensi operational.

Salah satu hal yang harus diperhatikan yaitu atap gudang harus tahan terhadap kondisi cuaca ekstrem, seperti hujan lebat, angin kencang dan terik matahari. Pemilihan bahan atap yang kuat dan tahan lama akan membantu mencegah kerusakan dan kebocoran.

Di negara beriklim tropis seperti Indonesia yang memiliki musim hujan dan kemarau, pemilihan bentuk atap perlu dilakukan secara tepat. Pilihan bentuk genteng dan material atap akan mempengaruhi kemampuan atap dalam menangkal panas dari sinar matahari. Dan bentuk atap yang cocok serta sesuai untuk area pergudangan adalah atap pelana karena memiliki kemampuan dalam menahan udara panas.

Kelebihan utama untuk pergudangan berdesain atap pelana adalah konstruksinya yang sederhana. Desain atap pelana ini memiliki kemiringan sekitar 35 derajat, kemiringan tersebut dapat menciptakan ruangan di dalam plafond dan daya serat radiasi.

Kawasan pergudangan modern Kutawaringin Industrial Park memiliki pergudangan berdesain atap pelana dengan menggunakan struktur atap portal frame, dimana sistem struktur atap ini terdiri dari baja tunggal kaku yang berbentuk segitiga dan menghubungkan antara dua tiang. Pemilihan sturktur ini dinilai lebih ringkas dan tidak memerlukan banyak sambungan. Serta penggunaan baja wide flange 250 yang kuat dan mampu dalam menopang atap gudang.

WG Property memilih atap yang tepat karena hal tersebut adalah langkah penting dalam memastikan bahwa gudang di Kutawaringin Industrial Park berkinerja optimal dan melindungi operasional bisnis anda.

 

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top