Pentingnya Sistem Ventilasi di Kawasan Pergudangan

Gudang merupakan aset yang sangat vital dalam sebuah bisnis. Pada umumnnya gudang berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang sementara dalam jangka waktu yang lama atau pun pendek. Gudang merupakan suatu fungsi penyimpanan berbagai macam jenis produk yang memiliki unit – unit penyimpanan dalam jumlah yang besar maupun yang kecil dalam jangka waktu tertentu.

Konstruksi bangunan suatu gudang harus memenuhi beberapa persyaratan. Pertama, kerangka bangunan gudang harus kokoh guna menjaga mutu barang dan keselamatan manusia dan tentunya atap gudang juga harus terbuat dari bahan yang cukup kuat dan tidak bocor. Kedua, Dinding bangunan gudang harus kokoh disertai dengan lantai gudang yang terbuat dari beton yang sangat kuat untuk dapat menahan berat beban barang yang disimpan sesuai dengan kapasitas maksimal gudang serta terbebas dari resapan air tanah. Ketiga, pintu harus terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama, serta kanopi yang berfungsi untuk kelancaran saat barang akan loading in maupun loading out. Dan yang terakhir adalah ventilasi udara, hal ini menjadi bagian penting yang tidak terpisahkan dari suatu bangunan khususnya area pergudangan.

Sistem ventilasi dalam pergudangan sangat penting untuk menjaga kualitas udara di dalam gudang, menjaga suhu yang nyaman, serta dapat menghindari dari masalah seperti kondensasi, korosi, dan pembusukan barang yang disimpan. Pemilihan jenis ventilasi yang benar dapat meminimalisir hal tersebut, dengan memastikan aliran udara yang mengalir merata di seluruh bagian gudang, sehinggan tidak ada “titik panas” ataupun “titik dingin”. Pemilihan jenis ventilasi dapat dilakukan dengan cara membuat ventilasi alami seperti mengandalkan sirkulasi udara alami melalui jendela, atap ventilasi atau ventilasi dinding. Ataupun dengan cara ventilasi buatan yang menggunakan sistem mekanis seperti kipas dan sistem AC untuk mengatur aliran udara.

Kutawaringin Industrial Park merupakan salah satu kawasan industrial dan pergudangan yang menggunakan sistem ventilasi alami. Dengan menempatkan beberapa titik ventilasi di beberapa bagian yang menjadikan area pergudangan ini tetap memiliki sirkulasi yang baik. Ditambah di area belakang pergudangan terdapat ruang terbuka yang memungkinkan udara didalam pergudangan berputar keluar masuk dan tetap menghasilkan udara yang sehat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top